Search Engine Submission - AddMe Jasa Instalasi Listrik - Jasa Pemasangan Instalasi Listrik

Tentang Listrik

Apa yang ada dalam benak kita bila kita bertemu dengan kata “Listrik”. Listrik merupakan suatu energi yang dibutuhkan dan sangat penting dalam kehidupan kita. Bahkan, listrik sudah merupakan kebutuhan vital setingkat dengan sembako. Listrik juga bisa merubah gaya hidup seseorang. Dengan adanya listrik kita dapat dengan nyaman melakukan aktivitas kita sehari-hari. Dimulai dari memasak nasi, charge Hp / BB, bekerja dengan menggunakan computer, dan lain-lain. Dengan kata lain, kita sudah kecanduan listrik.

Bagaimana kita dapat menggunakan dan menikmati kegunaan Listrik dalam kehidupan kita.
Listrik tidak bisa begitu saja digunakan, kerena membutuhkan peralatan dan komponen sehingga dapat digunakan. Kita membutuhkan Suatu jaringan Instalasi Listrik, yang berfungsi untuk mendistribusikan listrik sampai kita bias menggunakan secara keseluruhan.

Listrik sebenarnya tidak berbahaya bila ditangani dengan baik dan kewaspadaan keselamatan. Kalau tidak, maka listrik berpotensi membahayakan nyawa dan harta benda.

Listrik dapa merugikan kita dengan cara :

1. Sengatan
Tubuh kita sangat peka terhadap listrik. Pemaparan tanpa perlindungan listrik sekecil apapun dapat menyebabkan cidera parah pada tubuh manusia.
Coba kita lihat berikut ini :
Pemaparan tanpa perlindungan terhadap arus listrik.
- Diatas 10mA = dapat mempengaruhi sistem syaraf
- 30 mA = dapat mengakibatkan kelumpuhan saluran pernapasan, sehingga napas berhenti
- 75 mA& = dapat mempengaruhi fungsi jantung
- 4 A = dapat mengakibatkan kelumpuhan jantung
- Diatas 5 A = dapat mengakibatkan pembakaran jaringan tubuh.
2. Kebakaran.
Pada umumnya kebakaran disebabkan oleh kerena pengkabelan / kabel pada instalasi listrik sudah terlalu panas dan rusak. Hal ini di sebabkan banyak faktor, antara lain penggunaan kabel yang tidak standart, ukuran kabel yang tidak sesuai, terlalu banyak penambahan beban tanpa perhitungan kabel, sistem pemasangan instalasi yang kurang memperhatikan sistem keselamatan dan masih banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran.
Sewaktu menggunkan listrik dalam rumah anda, awasi dan perhatikan sejumlah gejala / pemicu yang dapat menyebabkan kecelakaan listrik. Seperti berikut ini :
  • Mengalami sengatan listrik.
  • Sering mengganti atau menyetel sekring / fuse / MCB.
  • Stop kontak , panel (box MCB), kabel dll yang berlebihan panasnya.
  • Ada tanda berwarna hitam karena terlalu panas pada stop kontak, panel, dan saklar.
  • Terlalu banyak adaptor dan kabel sambungan.
  • Instalasi kabel yang tidak memadai.
Baik langsung atau tidak langsung gejala diatas dapat menyebabkan terjadinya sengatan listrik dan/atau  kebakaran.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana membuat kelistrikan rumah menjadi lebih aman?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Mengetahui instalasi Dasar Listrik dalam rumah.
    Dengan mengetahui instalasi dasar listrik dapat membuat kita untuk mengetahui masalah keselamatan listrik. Dan juga dapat membuat kita memonitor dan memperbaiki instalasi yang rusak.
  • Menjamin perlindungan pembumian (Grounding).
    Pembumian (Grounding) akan memberikan aliran aman bagi listrik yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik utuk mengalirkan arus listrik kembali ke bumi dari outlet stop kontak dan perangkat atau peralatan listrik yang rusak.
  • Sediakan lebih banyak Outlet Stop Kontak dinding untuk setiap ruang.
    Dengan memperbanyak Stop Kontak pada setiap ruang dapat memberikan suplay listrik pada setiap sudut ruang. Hal ini berfungsi untuk menghindarkan kita dari penggunakan bertumpuk apada satu Outlet Stop kontak, Outlet Stop Kontak pada umumnya mempunyai kemampuan sapai 13 A.
  • Menyediakan instalasi daya listrik yang memadai.
    Penyediaan daya listrik yang kurang, akan menyebabkan instalasi listrik kelebihan beban maka mengakibatkan kabel instalasi menjadi panas. Dengan menghitung kebutuhan daya listrik sekarang dengan memperhatikan akan kebutuhan mendatang, akan membantu anda dalam meminimalkan resiko terjadinya bahaya kebakaran yang disebabkan panasnya kabel instalasi
Apakah rumah atau kantor anda sudah terpasang instalasi jaringan Listrik? Bila sudah, Apakah anda juga sudah merasa nyaman dan aman dengan instalasi jaringan Listrik yang sudah terpasang? Pertanyaan ini sangat simple untuk dijawab tetapi juga sangat sulit untuk menjawab. Apakah kita sudah merasa aman dan nyaman? Pertanyaan ini akan sangat mudah dijawab bila kita mengetahui tentang listrik. Tetapi akan sangat sulit untuk manjawab bila anda tidak paham atau bahkan buta tentang listrik. Jangan kawatir, karena kami siap membantu anda untuk menjawab pertanyaan tersebut.


Caranya mudah, anda cukup menghubungi kami. Anda bisa menghubungi kami dengan telepon langsung, bisa juga melalui chat di YM, sms, Email.

Followers

MasterbiznetAzon Profit Master