Search Engine Submission - AddMe Jasa Instalasi Listrik - Jasa Pemasangan Instalasi Listrik

Petir dan pengaruhnya terhadap instalasi listrik

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya kepada saya, pertanyaan bagaimana caranya mengamankan peralatan rumah tangga dari pengaruh atau efek sambaran petir. Ini pertanyaan yang cukup menarik, karena pada umumnya kita tahu cara merawat peralatan rumah tangga dengan baik. Tetapi apakah sudah aman? jawabnya belum aman. Kenapa bisa dikatakan belum aman? Banyak pengaruhnya yang menyebabkan peralatan listrik rumah tangga rusak. Antara lain tegangan yang tidak stabil, atau juga dikarenakan sambaran petir. Apabila yang terjadi adalah tegangan listrik yang tidak stabil atau naik turun ( diketahui dengan cara menggunakan Voltmeter ), untuk hal ini kita bisa memasang stabilizer dirumah kita agar tegangan tetap stabil.

Kemudian bagaimana dengan sambaran petir?

Sambaran petir pada umumnya mempunyai tiga jenis sambaran petir, yaitu sambaran petir di dalam awan, sambaran petir antar awan dan sambaran petir ke bumi. Ketiga jenis sambaran petir ini memiliki efek yang berbahaya. Namun jika dilihat dari jumlah kerugian yang diakibatkan, maka sambaran petir ke bumi ini yang harus lebih diperhitungkan, karena bahaya yang ditimbulkan lebih banyak.

Untuk Sambaran petir ke bumi mempunyai 2 cara yaitu sambaran petir secara langsung dan tidak langsung.

Sambaran petir secara langsung artinya adalah petir akan menyambar benda - benda yang paling dekat, seperti pohon, gedung bertingkat, tower bts, antena dan lain sebagainya. Bahkan apabila kita berdiri ditengah lapangan dalam kondisi mendung atau hujan maka kita mempunyai potensi yang cukup besar tersambar petir. Hal ini disebabkan kita menjadi yang lebih tinggi dibandingkan dengan benda - bemda disekitar kita. Untuk mengatasinya kita dapat memasang penangkal petir diatas rumah, gedung atau di lokasi yang lebih tinggi disekitar kita. Atau dapat juga kita membuat tower sendiri yang lebih tinggi untuk memasang penagkal petir dengan grounding baik dengan tahanan tanah yang bagus.

Lalu kemudian Sambaran petir secara tidak langsung. Untuk yang satu ini belum banyak orang yang mengetahui secara luas. Pertanyaannya adalah bagaimana sambaran petir yang tidak langsumg menyambar tetapi bisa merusak peralatan listrik rumah tangga kita ? Petir pada saat menyambar, dia juga mengeluarkan induksi yang bisa menembus kabel jaringan listrik pln dan jaringan instalasi lainnya. Kemudian induksi ini merambat kesemua jaringan instalasi listrik pada rumah atau gedung yang pada akhirnya akan merusak peralatan listrik dan eletronik.
Kenapa hanya induksinya saja dapat merusak peralatan listrik dan elektronik. Hal ini disebabkan karena induksi dari petir mempunyai tegangan yang sangat besar melebihi tegangan normal yang kita gunakan secara umum 220-240 VAc untuk 1 phase atau 380 VAc untuk 3 phase.
Kerena pengaruhnya yang cukup besar dilihat dari tingkat kerugiannya, maka kita perlu antisipasi yang sesuai untuk pencegahannya.

Bagaimana caranya?

Caranya hampir sama dengan cara mengatasi sambaran petir sacara langung tetapi mempunyai perbedaan komponen yang digunakan.

Pehatikan perbedaan :

Komponen untuk sambatan petir langsung
  1. Komponen Penangkal Petir menggunakan SPLITZEN (biasa disebit tombak penangkal petir ) untuk yang konvensional dan ELEKTROSTATIC .
  2. Grounding yang baik. Grounding yang yang baik adalah grounding yang mempunyai tahanan tanah dibawah 1 ohm (< 1 ohm ).
Komponen untuk sambaran petir tidak langsung.
  1. Komponen penangkal petirnya menggunakan alat yang dapat mengalihkan lonjakan listrik yang disebabkan oleh induksi petir. Nama komponennya adalah surge arrester. Surge Arrester mempunyai beberapa type untuk type instalasi yang berbeda ( ins. listrik, ins. telephone, ins. data, dan ins. tv).
  2. Grounding yang baik. Grounding yang yang baik adalah grounding yang mempunyai tahanan tanah dibawah 1 ohm (< 1 ohm ).
Dilihat dari perbedaan diatas maka fapat disimpulkan untuk mengatasi sambaran petir baik langsung atau tidak langsung mempunyai komponen utama dengan cara perlindungan yang berbeda, tetapi juga mempunyai kesamaan yaitu memerlukan grounding yang baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai grounding dapat dilihat Grounding atau disini.

Untuk informasi harga dapat dilihat Paket Grounding .

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca.........






JASA INSTALASI LISTRIK
Erry Agung


Jalan Martaip II No. 54, Rt/Rw. 008/008,
Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat , DKI Jakarta ,
Indonesia
+6281380584454 / 757A75FF
jasa instalasi listrik, jasa listrik, grounding
This hCard created with the hCard creator.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

MasterbiznetAzon Profit Master